Berita

BP2IP Tangerang Gaet Dinas Perhubungan Pemprov Banten Rekrut Putra Daerah Menjadi Pelaut

Senin, 10-OKT-2016 | 16:10:52    0

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, Banten akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pemprov Banten untuk merekrut dan mendidik putra daerah ini menjadi pelaut. Program diklat gratis ini dibiayai dengan dana APBN dan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) pelaksananya adalah Kampus BP2IP Tangerang.

“Pekan lalu sudah berkirim surat ke Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Banten dan mereka menyambut positif. Nanti masalah teknis rekrutmennya seperti apa akan dibahas bersama,” kata Kepala BP2IP Tangerang Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar dalam perbincangan dengan Beritatrans.com di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, sesuai amanat Menhub Budi Karya Sumadi melalui Kepala BPSDM Perhubungan Dr.Wahyu Satrio Utomo, kita akan mendidik ratusan putra daerah di kawasan Tangerang dan Banten menjadi pelaut. “Mereka akan mengikuti diklat dengan materi antara lain basic safety training (BST), SAT dan lainnya sehingga mereka bisa berlayar sebagai pelaut professional,” jelas Sugiyono.

Dia menambahkan, kuota peserta diklat sudah ditetapkan pimpinan. Yang pasti, BP2IP Tangerang mendapatkan alokasi siswa sampai ratusan orang. “Mereka itulah yang akan direkrut bekerja sama dengan Pemrov Banten. Di Banten sendiri banyak pemuda yang layak dan memenuhi syarat untuk ikut diklat menjadi pelaut itu,” papar Sugiyono.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo mengatakan, pihaknya mendapatkan tugas untuk mendiklat sampai 5.600 orang putra daerah terbelakang, terdepan dan mengalami kesenjangan di Tanah Air. Mereka akan direkrut dan dididik menjadi SDM transportasi berbagai matra,” katanya menjawab Beritatrans.com.

Hampir semua UPT BPSDM Perhubungan kebagian tugas untuk menggelar diklat putra daerah ini. “Ini penugasan negara yang dibiayai dengan dan APBN. Akan sangat terhormat bagi kampus BPSDM Perhubungan bisa mendidik dan menyiapkan putra-putra daerah menjadi SDM transportasi professional,” papar Tommy, sapaan akrab dia.

Kampus-kampus seperti BP2IP Tangerang, STIP Jakarta, Poltekpel Surabaya, PIP Makassar, PIP Semarang, STPI Curug, ATKP Surabaya, Makassar, medan dan lainnya akan mendapatkan jatah menjadi penyelenggara diklat bagi mereka. “Mereka akan mendapatkan tugas sesuai matra dan kemampuan masing-masing.” Tegas Tommy.(helmi)

http://beritatrans.com/2016/10/09/bp2ip-tangerang-gaet-dinas-perhubungan-pemprov-banten-rekrut-putra-daerah-menjadi-pelaut/

Komentar

Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
 

Copyright © 2014 Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang. All Rights Reserved.

$this->session->userdata("lang") : id