Berita

Kampus BP2IP Tangerang Bersiap Diri Menjadi BLU

Kamis, 8-OKT-2015 | 15:22:34    0

Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang terus mempersiapkan diri menjelang pemberlakukan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Sekolah pelaut di daerah Mauk, Tangerang Utara ini akan berubah menjadi BLU dan pengelolaan manajemen keuangan bisa dilakukan secara mandiri.

“Kita tinggal menunggu SK Menteri Keuangan mengenai penetapan BP2IP Tangerang menjadi BLU. Secara administrasi semua sudah selesai dan kita sudah lulus ujian di Direktorat PNBP Kementerian Keuangan RI,” kata Kepala B2IP Tangerang Capt.Hyronimu A.Taneh, M.M.Tr, M.Mar saat dihubungi beritatrans.com di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Targetnya semula, lanjut dia, UPT dibawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan harus sudah menjadi BLU pada 1 Oktober 2015. “Untuk tujuan tersebut, pihak BP2IP Tangerang terus berbenah diri untuk melengkapoi persyaratan dan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Dengan begitu, BP2IP Tangerang benar-benar siap dan berubah saat resmi berubah menjadi BLU nanti,” jelas Hyro, sapaan akrab dia.

BP2IP Tangerang harus menjadi salah satu lembaga pendidikan pelaut yang unggul dan terpercaya. “Saat ini, selain taruna reguler sebanyak 170 orang setiap tahun, BP2IP Tangerang juga menerima taruna aparatur, baik dari Ditjen Perhubungan Laut, Bea Cukai Kementerian Keuangan, Polair dan lainnya. Mereka telah mengirimkan aparaturnya untuk belajar mengenai ilmu pelaut di BP2IP Tangerang,” tukas Hyro.

Dia menambahkan, seluruh jenis diklat termasuk diklat peningkatan kompetensi pelaut sesuai STCW-2010 hasil amandeman Manila bisa dilakukan dan dilayani BP2IP Tangerang. “Fasilitas dan infrastruktur kampus pelaut ini cukup memadahi dan ditangani SDM profesional,” terang Hyro.

“Jumlah ruang kelas di BP2IP Tangerang saat ini ada 34 unit. Pembangunan ruang kelas baru yang sudah dalam proses finishing sebanyak 38 unit. Kapasitas asrama taruna di BP2IP Tangerang mampu menampung 900 orang. Sementara, ratio perbandingan dosen dan taruna di kampus ini menapai 1:7 orang. Jadi, kondisi kita sangat ideal dan sangat dinamis untuk mendukung proses diklat calon pelaut unggul,” tandas Hyro.

Siapkan SK Tata Kelola dan Tarif

Sebelumnya, Kabag TU BP2IP Tangerang Capt.Sugiyono,M.M.Tr, M.Mar mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan SK Kepala BP2IP Tangerang mengenai Tata Kelola dan Level Pelayanan di BP2IP Tangerang. “Seluruh persiapan baik administrasi atau SDM di BP2IP Tangerang harus sudah siap sebelum BLU resmi diberlakukan” kata dia.

“Kedua, kita juga sudah menyiapkan SK mengenai besaran tarif pelayanan dan diklat pelaut yanag bia diikuti masyarakat umum. Dengan begitum semua jenis diklatberikut tarifnya bisa diketahui dan dilayani masyarakat dengan harga dan tingkat pelayanan yang sama,” tegas Sugiyono.

 

 http://beritatrans.com/2015/10/07/kampus-bp2ip-tangerang-bersiap-diri-menjadi-blu/

Komentar

Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
 

Copyright © 2014 Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang. All Rights Reserved.

$this->session->userdata("lang") : id