Berita

2015, BP2IP Mauk Sukses Raih Pendapatan Sampai 147 Persen

Senin, 11-JAN-2016 | 16:18:46    0

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Mauk, Tangerang berhasil meraih pendapatan dari pos Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) naik sebesar 147 persen tahun 2015 lalu. 

“Jumlah (PNBP-red) itu diproyeksikan terus naik di tahun 2016 ini,” kata Kepala BP2IP Mauk, Tangerang Capt. Hironimus A.Taneh, MM, MM.Tr kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Minggu (10/1/2016).

Prestasi lain yang diraih BP2IP Mauk, lanjut dia, mulai 31 Desember 2015 lalu sudah turun SK persetujuan dan penetapan BP2IP Mauk Tangerang menjasdi Badan Layanan Umum (BLU).

“BP2IP Mauk menjadi salah satu dari lima UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan yang disetujui dan berubah statusnya menjadi BLU,” kata nakhoda alumni PIP Makassar ini.

Menurut Hironimus, pendapatan BP2IP Mauk naik 147 persen dari target Rp15,3 miliar menjadi Rp22,56 miliar. Berbagai jenis diklat kepelautan yang digelar di BP2IP Mauk cukup mendapat simpati masyarakat sehingga jumlah siswanya juga meningkat signifikan.

“Namun, pendapatan BP2IP Mauk tahun 2016 diproyeksikan kembali naik menjadi Rp23 miliar. Tapi, kita optimis realisasinya akan lebih besar dari itu,” jelas Hironimus.

Dia mengakui, pendapatan BP2IP Mauk tahun ini tidak terlalu besar. “Setelah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) maka penerimaan DIPA dari APBN turun. Dampaknya, akan berpengaruh pada penerimaan kita sabagai institusi juga berkurang,” kilah Hironomus.

Sebagai contoh, tahun 2015 ini DIPA APBN yangt kita terima sebesar Rp134 miliar. Tapi, setelah menjadi BLU tahun ini DIPA APBN untuk BP2IP Mauk turun menjadi Rp93 miliar saja,” sebut Hironimus.

Kendati begitu, papar Hironimus, setelah menjadi BLU nanti pihaknya akan lebih keras bekerja dan kreatif membuat inovasi dan memperbaiki pelayanan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Setelah menjadi BLU, tentu harus kerja lebih keras lagi. Pasalnya, kita tak lagi disubsidi dan harus mampu mandiri secara finansial,” aku Hironimus.

Memang bukan pekerjaan muda. Tapi jajaran manajemen BP2IP Mauk sudah komit untuk maju bersama dan bekerja lebih baik lagi.

“Berani menjadi BLU, tentu siap konsekuensinya. Kita harus kerja lebih keras dengan pelayanan terbaik tentunya,” terang Hironimus.

Dia memproyeksikan, dalam enam bulan ke depan hasil kerja keras tim BP2IP Mauk sebagai BLU akan mulai kelihatan.

“Kita sudah menyiapkan konsep kerja dan pelayanan terbaik. Meski kita tak bisa sampaikan semua ke publik trik dan strategi mendatang,” urai Hironimus.

Mengacu pada rekam jejak dan kinerja selama setahun terakhir, menurut Hironimus, pihak BP2IP Mauk sudah membuktikan menjadi lembaga diklat pelaut yang makin andal dan dipercaya.

 

“Selain mendidik taruna reguler, kita mendapatkan tugas menggelar diklat penugasan dari APBNP. Semua itu bisa dijalankan dan diselesaikan dengan baik sesuai target waktu yang ditentukan,” tandas Hironimus.

 

“BP2IP Mauk dengan team work yang ada serta program kerja yang disiapkan siap bekerj dengan lebih baik guna menghasilkan lulusan lebih baik pula. Implikasinya, pendapatan dari PNBP kita juga naik,” tegas Hironimus.(helmi)

http://beritatrans.com/2016/01/10/2015-bp2ip-mauk-sukses-raih-pendapatan-sampai-147-persen/

Komentar

Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
Menampilkan data ke 1 - 0 dari 0
Halaman 1 dari 0
 

Copyright © 2014 Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang. All Rights Reserved.

$this->session->userdata("lang") : id